Membangun PMTBOOK.COM pakai Tools Apa Saja?

Read Time:4 Minute, 14 Second

Hallo Semua,

Rasanya dari tahun lalu saya ingin berbagi terkait tools yang saya gunakan pada pembuatan websiste penjualan (e-commerce) pmtbook.com ini, tapi baru kesampaian saat ini.

Oh ya, bagi kamu yang belum tau PMTBOOK.COM merupakan sebuah web yang dibuat khusus untuk menangani penjualan buku dari @Premarriagetalk Indonesia.

Izinkan saya sedikit bercerita Awal mula kenapa saya membuatkan website pmtbook.com ini untuk @premarriagetalk. Tahun 2019 premarriagetalk yang di dirikan oleh 2 orang founder yaitu istri saya Sarah & Nida. Mereka berdua berencana untuk menerbitkan buku di akhir tahun 2019. Sarah pernah bercerita pengalamannya ketika menjadi salah satu reseller di salah satu buku parenting, ia merasakan pengalaman yang sangat “ribet” ketika harus order dan menghubungi admin penjualannya.

Sebagai reseller, ia merasa ribet ketika harus mencari/menentukan ongkir kepada pembeli karena penjualannya tidak menggunakan 1 sistem. Ia harus buka aplikasi tertentu untuk mencari ongkir, lalu setelah ongkir ditemukan ia harus mengetik ulang di aplikasi Whatsapp kemudian ia harus menghitung total semua yang harus di transfer oleh pembeli. Setelah itu ia harus kirim invoice ke pembeli. Asli itu menurut saya itu sangat ribet!!! apalagi jika ada kesalahan pada ongkir bisa kurang bisa lebih kalau gak teliti, terus harus copas2. harus konfirmasi pembayaran ke admin dll.. ribet deh.

Aha, tidak hanya sampai disitu setelah masa penjualan berakhir reseller diwajibkan untuk merekap dan mencocokan secara manual antara pesanan yang masuk ke WA admin pusat dan yang ada di reseller. udaaah dah ribet dan lama.

Saya sangat tau repotnya istri saya kala itu, akhirnya saya punya inisiatif agar ketika Pre Marriage Talk ingin menerbitkan buku minimal tidak merepotkan Pembeli, Reseller dan Bahkan Admin Penjualan.

Akhirnya setelah mikir sejenak kala itu, saya simpulin dari kendala yang dialami istri. saya berencana bikin sistem yang kira-kira gini :

  1. Tidak bikin repot reseller untuk cek ongkir lewat aplikasi pihak ke-3
  2. Tidak bikin repot reseller untuk kirim invoice ke wa/email pembeli
  3. Tidak bikin repot reseller untuk kirim payment reminder ke wa/email pembeli
  4. Tidak bikin repot reseller untuk kirim-kirim bukti transfer
  5. Tidak bikin repot reseller untuk kirim invoice lunas ke pembeli
  6. Tidak bikin repot admin penjualan bikin laporan penjualan
  7. Tidak bikin repot admin penjualan untuk cek transferan dari pembeli (makan waktu bro)
  8. Tidak bikin repot admin penjualan untuk kirim invoice lunas ke pembeli
  9. dll
  10. dll
  11. banyak dah

Akhirnya setelah itu saya mulai mencari tools/plugin yang dapat digunakan untuk meminimalisir hal-hal yang merepotkan tersebut. berikut beberapa tools/plugins Gratis hingga yang berbayar yang saya gunakan untuk membangun website tersebut.

Yak, saya pakai CMS untuk blogging yang gratisan itu. Sederhana, mudah dan kaya akan fitur. Untuk awam pun bisa menggunakannya. (termasuk blog saya pakai wordpress juga hehehe)

Dikutip dari hostinger.com WooCommerce adalah plugin ecommerce open source yang didesain untuk WordPress. Ini adalah platform yang tergolong cepat, untuk digunakan baik bagi bisnis yang masih kecil maupun yang sudah besar. WooCommerce memiliki fungsi yang bervariasi seperti metode pembayaran & pengiriman yang berbeda, variabel produk, dll. Dalam tutorial Ecommerce ini, Anda akan mempelajari semua hal yang dibutuhkan untuk membuat WooCommerce di website WordPress Anda dan mulai menjual produk Anda.

  • Storefront Themes

Storefront themes merupakan tema bawaan dari woo-commerce, saya sendiri memilih pakai tema bawaan ini karena produk yang akan dijual juga sangat dikit (cuma 1) ga perlu yang macem-macem.

  • Easy WP SMTP

Untuk pengiriman e-mail ke pembeli saya pakai Easy WP SMTP karena menurut saya ini sangat penting agar pembeli dapat menerima email dari website ketika after checkout, pemberitahuan pesanan diproses dll.

  • Checkout Field Editor for WooCommerce

Plugin ini saya gunakan untuk membuat kustom field pada woo commerce, jadi jika kita ingin menambahkan atau mengurangi field pada isian woo commerce saat akan cek out, plugin ini sangat cocok karena ada versi free dan pro nya.

  • Indonesian Banks for WooCommerce

ini saya pakai untuk menambahkan metode pembayaran di woo commerce, silakan coba mungkin ada juga plugin yang lain.

  • Woongkir

Plugin ini kalau ga salah menggunakan API daari rajaongkir.com cukup membantu untuk menentukan ongkos kirim, dan kaya akan fitur ekspedisi. saya pakai versi gratisnya karena hanya butuh satu ekspedisi saja.

  • Custom Order Numbers for WooCommerce

Untuk anda yang pengen mengkustom nomor order, plugin ini bisa anda coba. saya sendiri pakai karena memang butuh haha..

  • Moota Woocommerce

Untuk cek otomatis mutasi bank, saya menggunakan moota woocommerce ada credit point nya untuk 5 hari setelah itu Anda haarus membayar jika ingin meneruskan. menurut saya ini termasuk murah hanya 1500 rupiah per hari nya.

  • Notifier to Whatsapp

Plugin ini berguna banget buat situs e-commerce, karena fiturnya yang canggih dan mudah dipahami untuk orang awam sekalipun. berfungsi untuk mengirimkan notifikasi melalui whatsapp ke pembeli, baik setelah cek oout, reminder, pesanan dibatalkan, pesanan selesai, pesanan diproses dll. wajib banget menurut saya pakai plugin ini. btw pluginnya berbayar perbulan. hehe

Dari berbagai plugin/tools diatas ada yang berbayar dan ada yang gratis. dan PMTBOOK.com menggunakan plugin tersebut dalam pembuatannya.

Hasilnya penjualan mudah, hasil melimpah (alhamdulillah) reseller jadi mudah, admin sumringah, Founder cukup dirumah. haha

Jika Anda mau tanya-tanya silakan komen aja atau bisa hubungi saya di instagram @randymandala in sya Allah saya bantu kalau ga sibuk.

Semoga Bermanfaat

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas