Al-QURAN SURAT CINTA DARI SANG KEKASIH

Read Time:3 Minute, 7 Second

Al-Qur’an adalah surat cinta dari Allah yang diturunkan kepada makhluknya. Ibarat seorang kekasih nan jauh di sana yang mengirim surat kepada sang terkasih supaya datang padanya, sehingga isi suratnya berupa ungkapan rasa sayang, rute perjalanan, hal-hal yang harus dihindari dan dilaksanakan, ancaman apabila sang terkasih tidak datang padanya, dll. Begitupun isi Al-Qur’an didalamnya terdapat pedoman hidup manusia untuk menggapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Selalin itu, di dalam Al-Qur’an terdapat kisah-kisah tentang para Nabi dan manusia-manusia yang hidup di zaman sebelum Al-Qur’an diturunkan. Hal tersebut agar dijadikan likhtiar oleh kita yang hidup setelah Al-Qur’an diturunkan.

Kita dapat membaca Al-Qur’an setiap saat tidak hanya di bulan Ramadhann, dan bagi yang membacanya ada pahala yang berlipat ganda. Selain itu, membaca Al-Qur’an merupakan tanda bahwa kita menyambut cinta dari Allah. Seperti halnya seorang kekasih yang mendapat surat cinta dari pasangan yang ia cntai maka sang kekasih tersebut akan selalu membaca surat cinta tanpa bosan-bosannya dan dilengkapi pula dengan senyuman serta mata yang berkaca-kaca karena dalamnya cinta pada sang kekasih.

Alangkah indahnya jika kita dapat berlaku seperti itu, bahkan harus lebih dari itu karena Al-Qur’an adalah surat cinta dari Sang Pencipta kepada kita, surat cinta dari Penguasa Alam Semesta Yang Maha Suci kepada hambanya yang serba kekurangan dan penuh dengan dosa.

Di dalam Al-Qur’an allah menjanjikan berbagai keindahan dan kenikmatan jika kita menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang dan Allah juga memberikan anacaman bagi siapa saja yang tidak mematuhinya. Maka sudah seharusnya kita mulai “NAKSIR” kepada Al-Qur’an.

Apa yang dimaksud dengan NAKSIR? NAKSIR adalah singkatan dari:

N= NIKMATI
Maksudnya adalah nikmatilah setiap huruf yang kita baca walaupun tidak semua orang bisa membaca Al-Qur’an apalagi membaca dengan indah menggunakan kaidah ilmu tajwid dan makhorijul huruf (cara pengucapan) yang tepat. Minimal hendaknya kita dapat menikmati saat kita mendengar Al-Qur’an dilantunkan.

A= AMATI
Maksudnya adalah amati setipa kata dan makna yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Misalnya dengan membaca terjemahan Al-Qur’an dan berbagai buku tentang Al-Qur’an.

K= KENALI
Maksudnya adalah setelah kita amati kemudian kita perdalam lagi makna yang terkandung dalam Al-Qur’an dan jangan sampai kita salah dalam menafsirkan Al-Qur’an. Oleh karena itu, hendaknya kita belajar kepada ulama yang lebih ahli dan lebih mengerti tentang arti kandungan Al-Qur’an.

S= SAMPAIKAN
Setelah kita mulai mengerti hendaklah sampaikan dan ceritakanlah keutamaan Al-Qur’an agar teman-teman kita juga bisa mencintai Allah seperti yang telah Al-Qur’an ajarkan.

I= IMANI
Pengertian iman adalah diikrarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan atau anggota badan. Jadi setelah membaca dan mengerti maka sudah tentulah kita harus mengamalkan apa-apa yang diajarkan oleh Al-Qur’an.

R=RIDHO
Setelah semua tahapan diatas kita laksanakan maka insyaAllah kita pun akan mendapat hadiah terindah, termulia dan terbesar yaitu “Ridho” dari Allah sang maha kuasa pemilik dan pencipta alam semesta.

Cobalah baca Al-Qur’an dengan memahami maknanya, pelan dan sambil meresapi setiap kandungannya saat malam yang sunyi dalam kesendirian maka sobat semua akan mendapatkan kenikmatan tesendiri. Sebagaimana Allah berfirman yang artinya: “Maka bacalah Al-Qur’an apa yang mudah bagimu untuk membacanya”. (QS. Al-Muamil 73:20)

Marilah kita memperbanyak membaca Al-Qur’an, the holy book from Allah dan mulai kurangi membaca Buku Muka atau Facebook. Jika dalam sehari kita sering berkali-kali membuka facebook untuk membaca status, wall atau lainnya. Lalu berapa kalikah kita membuka Al-Qur’an dan membacanya?

Kadang saat kita lupa membawa Smartphone atau handphone maka kita bela-belain pulang untuk mengambilnya atau mencari cara agar bisa buka facebook. Namun pernahkah kita membela-belakan untuk membaca Al-Qur’an walaupun satu ayat ???

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas