Tiga Belas

Banyak sebagian masyarakat Indonesia bahkan Luar Negeri menganggap bahwa angka 13 (Tiga Belas) merupakan angkat sial. Bahkan kepercayaan tersebut sampai mewarnai kehidupan seperti dalam arsitektur kota dan segi kehidupan yang lain seperti gedung-gedung pencakar langit. sebagai contohnya ada di berbagai gedung tinggi yang sama sekali tidak ada namanya lantai 13.

Kalau Anda perhatikan ada beberapa gedung tinggi yang tidak menyertakan angka 13 di dalam lift mereka. Bukan hanya angka 13 ada juga angka-angka lain yang mereka anggap angka tersebut ga bikin hoki.

Terus kenapa mereka menganggap bahwa angka 13 itu kurang membawa hoki ?

Menurut beberapa referensi yang saya temukan di internet, bahwa kepercayaan tersebut itu bermula dari sebuah takhayul atau mitos-mitos dari orang-orang terdahulu, tepatnya dari pengetahuan kuno yang bernama Kabbalah.

Nah, kabbalah ini merupakan kepercayaan atau ajaran mistis kuno dari zamannya Fir’aun. Yang mana pada zaman itu diteruskan oleh penyihir, persulap, peramal, dukun paranormal dan sejenisnya.

Lalu sebagai seorang muslim apakah kita lantas harus mempercayai hal mistis tersebut?

Saya sendiri tentunya tidak mempercayai hal tersebut. Bagi saya semua angka itu tidak ada yang tidak hoki, tidak ada yang sial semuanya sama. namun mungkin ada berberapa angka yang spesial, misalnya angka tanggal lahir, tanggal pernikahan, tanggal gajian (eh) :D.

Justru saya bahagia dengan tanggal 13,

di Tanggal 13 saya menikah,

Image may contain: 1 person


di Tanggal 13 istri saya ultah,

Image may contain: 2 people, people smiling, people standing


di Tanggal 13 anak saya lahir,

Image may contain: 1 person, close-up

bagi saya hal tersebut adalah karunia.

Selamat Ulang Tahun Teteh Yasmin 🙂

Leave a Comment