Mandala

Beberapa orang ada yang bertanya terkait arti dari kata Mandala yang ada di belakang nama saya (Muhammad Randy Mandala Putra) dan kenapa pakai nama itu? Jawabannya adalah Saya juga gak tau kenapa dikasih nama itu.

Kalau dari referensi yang saya dapatkan dari wikipedia, Mandala itu diambil dari bahasa sanskerta yang secara harfiah disebut “Lingkaran”, yaitu sebuah konsep hindu tapi juga dipakai di dalam konteks agama Buddha, untuk merujuk pada berbagai benda nyata.

Dari Referensi yang lain, Mandala adalah suatu bentuk pola desain(simbol) yang umumnya berbentuk lingkaran yang dibuat untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis.

Contoh Gambar Mandala

Kalau dulu waktu saya zaman SD selalu bertanya ke Ibu saya terkait arti nama Muhammad Randy Mandala Putra, ibu saya selalu jawab Muhammad Itu Nabi, Mandala itu Berani, Putra itu Anak. Setiap saya tanya jawabannya pasti itu.

Nama saya sendiri ini sebetulnya bukan pemberian dari ortu saya, yang memberikan nama katanya sih Almarhum kakek saya. Saya mengira mungkin kakek saya itu terlalu ngefans sama keluarga pak Harto sampe-sampe nama cucu nya ini dibelakangnya ditambahkan nama salah satu anak pak Harto yaitu Hutomo Mandala Putra, secara memang kakek saya itu orang Golkar banget saat itu. :v

Dulu Saya sebenarnya agak gak pede pake nama itu terlebih kalau saya googling nama Hutomo Mandala Putra pernah ada kasus-kasus seperti pembunuhan. jadi agak gak pede.

Ah sudahlah apalah arti sebuah nama…

Leave a Comment